A. Pandangan terhadap etika bisnis
Etika bisnis dapat meliputi scope institusi maupun pribadi. Etika bisnis institusional berhubungan dengan pihak luar, agar tidak mengenai seseorang & topik abstrak dari etika perusahaan sebagai institusi. Sebagai contoh adalah tanggung jawab sosial perusahaan, dari tingkat internasional, kita dapat berdebat secara deduktif berdebat kembali ke etika eksekutif individual yang memutuskan kebijakan perusahaan.
Sebaliknya etika bisnis perseorangan dimulai pada spektrum akhir yang berlawanan dari etika institusional, yaitu berhubungan dengan pembuat keputusan secara individu. Kita dapat berdebat secara induktif dimulai dari concrete, terutama tingkat atas ke moralitas yang umum dari kebijakan-kebijakan perusahaan. Etika bisnis perseorangan memiliki 2 asumsi. Pertama, perusahaan adalah sebuah kesatuan abstrak yang sah, dimana etika juga merupakan sesuatu yang abstrak. Kedua, katrakter moral & sistem nilai perusahaan mencerminkan etika perseorangan & skala nilai dari tanggung jawab eksekutif secara individu bagi kebijakan perusahaan.
Pertama, kita akan memperlihatkan mengapa eksekutif-eksekutif memerlukan etika bisnis perseorangan terutama dengan keadaan dunia sekarang ini. Kemudian kita akan membatasi sifat etika bisnis. Setelah bahan-bahan pengenalan ini, makalah ini akan memberikan argumentasi untuk etika bisnis perseorangan & eksekutif yang secara langsung meminta kepentingan mereka sendiri. Itu akan menghubungkan elemen-elemen teori manajemen dengan etika . Dengan jalan istimewa itu akan menyambung teori motivasi karyawan dengan sebuah pertimbangan nilai-nilai, tipe-tipe karakter manajemen & tipe-tipe moral & gaya-gaya kepemimpinan manajemen dengan moralitas. Kemudian sebuah teknik praktek akan diterangkan yang akan membantu eksekutif-eksekutif mengaturkehidupan mereka lebih baik di bisnis & rasa etika. Akhirnya, tulisan ini akan meyimpulkan dengan menjelaskan moral-moral ideal yang utama yang akan memandu eksekutif di pekerjaan & perkembangan mereka sebagai manajer & sebagai manusia.
Pertempuran-pertempuran baru eksekutif ini mempunyai karakter pribadi yang berbeda. Daripa tujuan bisnis yang tradisional yaitu memperbesar marjin keuntungan. - a rather pale & impersonal quest oleh perbandingan -, kita sekarang dapat melihat ego yang diperluas dari CEO yang ambisius yang terkunci dalam kemuliaan pribadi. Kita kelihatannya mempunyai lingkaran penuh dalam etika bisnis dengan sebuah pembalasan Pada penelitian-penelitian terdahulu dari peranan etika dalam bisnis, disesali bahwa etika pribadi meliputi disiplin- dipengaruhi oleh pertimbangan ekonomi, tidak mengenai seseorang. Dalam posisinya sekarang kita mempunyai baik etika maupun ekonomi ditakklukkan oleh hukum pribadi yang terlalu tinggi dari supermen perusahaan yang bangga dengan ego super. Eksekutif-eksekutif ini kelihatannya mempuntai kesulitan mempertimbangkan diri mereka sendiri menjadi hanya sekadar makhluk hidup dibawah hukum baik etika maupun ekonomi. Mereka kelihatannya memikirkan bahwa mereka dibawah baik dan buruk dan dibawah keuntungan dan kerugian.
Pada usia personalitas yang masih dini dalam etika bisnis, secara khusus sangat penting bagi seorang eksekutif yang penuh pemikiran untuk mendapatkan pandangan pribadi pada hubungan antara bisnis & etika dalam kehidupannya sendiri. Sebuah cara yang baik dalam melakukan ini adalah mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut : Bisnis apakah yang dimiliki etika dalam bisnis? Bisnis apakah yag bisnis miliki dalam etika ? Apakah ada keuntungan dalam etika bagi seorang eksekutif ? dan apakah moral menolong seorang eksekutif menjadi seorang manajer yang lebih efektif ?
Dalam uraian ringkas beberapa jawaban sementara untuk pertanyaan-pertanyaan ini, kita akan memusatkan perhatian pada relevansi pribadi langsung dari etika untuk eksekutif dalam kehidupan mereka sehari-hari. Kami akan memperlihatkan bagaimana kemanusiaan mereka dan folosofi hidup bersinar melalui hubungan mereka dengan yang lain. Untuk menetapkan sifat diskusi kita, berikut ini adalah sebuah perumpamaan oleh Peter Bamm, seorang penulis kontemporer Jerman dan fisikawan, berjudul Mengenang Rockefeller. Rockefeller sudah mati. Pada suatu saat dia diduga pernah berbicara tentang dirinya, bahwa meskipun dia raja minyak di dunia, dia tidak cukup memiliki lemak untuk menggabungkannya. Tanda dari orang terkaya di dunia sangat dalam dan besar. Itu menempatkan dirinya sejajar dengan Diogenes.
Etika bisnis memang harus dihidupkan di perusahaan. Dalam kaitan ini, perusahaan yang bergerak di bidang konsultan mempunyai peran besar dalam pembentukan norma. Bagaimana perusahaan konsultan menegakkan etika bisnis? Kemal A. Stamboel, Managing Partner Kemal Stamboel & Partners yang berasosiasi dengan konsultan besar dunia Price Waterhouse Coopers (PWC) menjelaskan lika-liku bisnis konsultan dan upaya untuk menegakkan etika dan transparansi di perusahaan. Simak berbagai pandangannya:
“Perusahaan konsultan internasional seperti PWC mempunyai standar yang bersifat global. Mereka yang berkonsultasi akan mendapatkan standar yang sama di berbagai negara. Perusahaan yang telah memiliki standar akan dikenal reputasinya, baik sebagai brand, isi pelayanan, kualitas orang, dan output orang-orangnya.
Pendekatan standar dengan kualifikasi, bukan “asal-asalan”. Perusahaan konsultan sangat menjunjung tinggi kualitas pemikiran. Keunggulan perusahaan terletak pada knowledge management. Misalnya, bagaimana memberdayakan dan meningkatkan pengetahuan dengan program yang jelas. Upaya ini memerlukan usaha yang tidak kecil.
Untuk membangun reputasi, perusahaan konsultan sangat menjunjung etika. Oleh karena itu jarang perusahaan konsultan yang beriklan secara berlebih. Agar reputasi tetap terjaga, perusahaan konsultan memiliki beberapa kriteria. Kami menolak klien yang berisiko tinggi, walaupun dia menyediakan banyak uang.
Ketika ekonomi Indonesia tumbuh pesat dalam sepuluh tahun terakhir, banyak pendatang baru di bisnis. Ada pedagang yang menjadi bankir. Banyak juga pengusaha yang sangat ekspansif di luar kemampuan. Mereka berlomba membangun usaha konglomerasi yang keluar dari bisnis intinya tanpa disertai manajemen organisasi yang baik. Akibatnya, pada saat ekonomi sulit banyak perusahaan yang bangkrut.
Salah satu etika perusahaan konsultan adalah menjaga kerahasiaan klien. Bisa saja perusahaan konsultan menangani dua perusahaan dalam industri yang sama, tetapi kerahasiaan masing-masing perusahaan akan tetap terjaga. Perusahaan yang satu tidak dapat memanfaatkan perusahaan yang lain. Setiap perusahaan mempunyai penyelesaian masalah, sehingga nantinya bisa berkompetisi satu dengan yang lainnya.
Perusahaan konsultan mempunyai value dan memberikan rekomendasi yang akan dilaksanakan kliennya. Misalkan, ada etika, perusahaan tidak mempekerjakan pegawai anak-anak. Di luar negeri, ada pembatasan hubungan berdagang dengan perusahaan-perusahaan yang tidak menjunjung etika berdagang yang baik. Kami juga menyarankan, perusahaan jangan mengambil keuntungan yang berlebihan dengan cara menipu konsumen.
Pelanggaran etik bisnis di perusahaan memang banyak, tetapi upaya untuk menegakan etik perlu digalakkan. Misalkan, perusahaan tidak perlu berbuat curang untuk meraih kemenangan. Hubungan yang tidak transparan dapat menimbulkan hubungan istimewa atau kolusi dan memberikan peluang untuk korupsi.
Dari mana upaya penegakkan etika bisnis dimulai? Etika bisnis paling gampang diterapkan di perusahaan sendiri. Pemimpin perusahaan memulai langkah ini karena mereka menjadi panutan bagi karyawannya. Selain itu, etika bisnis harus dilaksanakan secara transparan. Pemimpin perusahaan seyogyanya bisa memisahkan perusahaan dengan milik sendiri. Dalam operasinya, perusahaan mengikuti aturan berdagang yang diatur oleh tata cara undang-undang.
Etika bisnis tidak akan dilanggar jika ada aturan dan sangsi. Kalau semua tingkah laku salah dibiarkan, lama kelamaan akan menjadi kebiasaan. Repotnya, norma yang salah ini akan menjadi budaya. Oleh karena itu bila ada yang melanggar aturan diberikan sangsi untuk memberi pelajaran kepada yang bersangkutan.
Usaha jasa konsultan mungkin tidak terlepas dari penyimpangan. Padahal bisnis ini perlu dilandasi reputasi dan persepsi. Oleh karena itu bila ada persepsi negatif jangan diremehkan. Dalam menghadapi masalah, perusahaan jangan defensif, tetapi melakukan aksi pembenahan ke dalam. Upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menegakkan budaya transparansi antara lain; Penegakkan budaya berani bertanggung jawab atas segala tingkah lakunya. Individu yang mempunyai kesalahan jangan bersembunyi di balik institusi. Untuk menyatakan kebenaran kadang dianggap melawan arus, tetapi sekarang harus ada keberanian baru untuk menyatakan pendapat. Ukuran-ukuran yang dipakai untuk mengukur kinerja jelas. Bukan berdasarkan kedekatan dengan atasan, melainkan kinerja. Pengelolaan sumber daya manusia harus baik.
B. Perilaku Asertip
Perilaku asertip bukan berarti seseorang sempurna. Sikap asertif merupakan ungkapan, gagasan, perasaan, pendapat, dan kebutuhan seseorang secara jujur dan wajar, tidak dibuat-buat. Pakar perilaku, Astrid french, dalam bukunya yang berjudul ” Interpersonal Skill ” bahwa perilaku asertif akan memberikan kesempatan kepada seseorang untuk menjadi apapun yang menjadi haknya.
Sebagai contoh keseharian perilaku asertif adalah sebagai berikut ; dalam menaiki jenjang karir salah satu yang dihadapi adalah bagaimana membangun sikap yang tegas, tetapi tidak ditafsirkan menyerang orang lain. Bisa berkata tidak, tanpa melukai siapapun. Asertifitas ini bukan sekedar bicara, tapi lebih luas lagi: Bagaimana tindakan kita sehari hari dalam berhubungan dengan orang di sekeliling kita? Bagaimana ciri-ciri perilaku asertif, yang letaknya diantara submisif dan agresif itu? Inilah penjelasannya.Orang yang mempunyai perilaku submisif berkecenderungan menerima dan bahkan menyerah pada semua hal yang terjadi, sekalipun yang dihadapi buruk adanya. Yang menonjol dari perilaku ini adalah tidak mampu mengatakan "Tidak" pada kondisi dimana ia harus menyatakan "tidak". Jelas perilaku seperti ini menimbulkan berbagai masalah baik bagi dirinya sendiri maupun orang-orang lain yaitu: tidak dapat dijadikanpartner kerja yang baik dan sulit untuk berkembang. Orang dengan perilaku seperti ini akan selalu menghadapi berbagai hambatan dan selalu melakukan kesalahan-kesalahan yang dapat menjatuhkan aktivitasny
Bagaimana mengenai perilaku agresif? Perilaku agresif mempunyai pengertian yang bertolak belakang dari perilaku submisif. Perilaku agresif cenderung untuk tidak melihat atau tidak mempertimbangkan kepentingan orang lain. Apa pun yang menjadi keinginannya itulah yang harus dilaksanakan. Dengan demikian, orang yang berperilaku demikian akan menemui berbagai kesulitan pada waktu bekerja secara tim. Kalaupun dipaksakan cenderung melakukan banyak kesalahan yang pada akhirnya menghambat kariernya sendir
Dan inilah yang dimaksud dengan perilaku asertif. Perilaku asertif dibandingkan dengan kedua perilaku di atas (submisif dan agresif) berada di antara keduanya, yaitu perilaku yang dapat menyatakan "Ya" dan "Tidak" sesuai pada kondisi yang terjadi.Orang yang memiliki perilaku asertif ini cenderung dapat bekerja sama dan dapat berkembang untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Pada perilaku ini tingkat sensitivitas yang dimiliki cukup tinggi sehingga ia dapat membaca situasi yang terjadi di sekelilingnya, yang memudahkannya untuk menempatkan diri dan melakukan aktivitasnya secara strategis, terarah, dan terkendali mantap
Ketiga perilaku dasar tersebut selalu berdampak langsung terhadap perkembangan diri dan berbagai aktivitas yang dijalankannya. Di sini terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku yang dimiliki dengan tindakan yang dilakukan. Seperti halnya orang yangberperilaku submisif cenderung tidak memfokuskan diri pada perkembangan dirinya berdasarkan kemampuan yang dimiliki; mereka akan mengikuti apa saja yang menjadi keinginan pimpinan, keinginan keluarga, atau keinginan masyarakat. Apabila kita menyimak secara mendalam penjabaran di atas, maka terlihat bahwa perilaku asertifmerupakan pilihan utama yang patut dikembangkan dalam upaya memperlihatkan citra diri berkualitas.
Perilaku asertif berarti adanya sikap tegas yang dikembangkan dalam berhubungan dengan banyak orang dalam berbagai aktivitas kehidupan. Dalam artian, ia dapat mengambil keputusan atau melakukan tindakan tertentu berdasarkan hasil pemikiran sendiri, tanpa sikap emosional, meledak-ledak, atau berperilaku buruk lainnya. Ia menegakkan kemandiriannya tanpa bermaksud menyakiti hati orang lain. Ketegasanpenuh kelembutan, ketegasan tanpa arogansi, itulah ciri asertif.
Lebih jauh lagi perilaku asertif membuat seseorang merasa ertanggung jawab dan konsekuen untuk melaksanakan keputusannya endiri. Dalam hal ini, ia bebas untuk mengemukakan berbagai einginan, pendapat, gagasan, dan perasaan secara terbuka sambil etap memperhatikan juga pendapat orang lain. Citra dirinya akan terhat sebagai sosok yang berpendirian dan tidak terjebak pada ksploitasi yang erugikan dirinya sendiri. Dengan demikian, akan imbul rasa hormat dan penghargaan orang lain yang berpengaruh besar erhadap pemantapan eksistensi dirinya di tengah-tengah khalayak uas.
Membangun Perilaku Asssertive
Kehadiran seorang teman memiliki arti tersendiri bagi kita semua. erhubungan dengan orang lain dengan beranggapan bahwa mereka adalah eman sampai pada batas-batas tertentu, dapat membantu kita untuk elalu bersikap ramah, terbuka, dan memperhatikan kehadiran mereka. esemuanya dapat kita manfaatkan secara positif dalam rangka engembangkan perilaku asertif dalam aktivitas sehari-hari, karena engan menerima kehadiran orang lain terlebih dahulu kita pun dapat embuat mereka memahami keberadaan kita.
Dalam membangun assertivitas terdapat beberapa pendekatan yang dapat ditempuh. Salah satunya adalah Formula 3 A, yang terangkai dari tiga kata yaitu Appreciatio , Acceptance, Accommodating:
Appreciation berarti menunjukkan penghargaan terhadap kehadiran orang lain, dan tetap memberikan perhatian sampai pada batas-batas tertentu atas apa yang terjadi pada diri mereka. Mereka pun, seperti kita, tetap membutuhkan perhatian orang lain. Dengan demikian, agar mereka mau memperhatikan, memahami, dan menghargai diri kita, maka sebaiknya kita mulai dengan terlebih dahulu menunjukkan perhatian,pemahaman, dan penghargaan kepada mereka.
Acceptance adalah perasaan mau menerima, memberikan arti sangat positif terhadap perkembangan kepribadian seseorang, yaitu menjadi pribadi yang terbuka dan dapat menerima orang lain sebagaimana keberadaan diri mereka masing-masing. Dalam hal ini, kita tidak memiliki tuntutan berlebihan terhadap perubahan sikap atau perilaku orang lain (kecuali yang negatif) agar ia mau berhubungan dengan mereka. Tidak memilih-milih orang dalam berhubungan dengan tidak membatasi diri hanya pada keselarasan tingkat pendidikan, status sosial, suku, agama, keturunan, dan latar belakang lainnya. Terakhir adalah accomodating. Menunjukkan sikap ramah kepada semua tanpa terkecuali, merupakan perilaku yang sangat positif. Keramahan senantiasa memberikan kesan positif dan menyenangkan kepada semua orang yang kita jumpai. Keramahan membuat hati kita senantiasa terbuka, yang dapat mengarahkan kita untuk bersikap akomodatif terhadap situasi dan kondisi yang kita hadapi, tanpa meninggalkan kepribadian kita sendiri. Dalam artian, kita dapat memperlihatkan toleransi dengan penuh rasa hormat, namun bukan berarti kita jadi ikut lebur dalam pandangan orang lain, apalagi dengan hal-hal yang bertentangan dengan diri kita. Hal ini penting sekali untuk diperhatikan agar kita mampu menempatkan diri secara benar di tengah khalayak luas, sekaligus membina saling pengertian dengan banyak orang.
Formula 3 A merupakan pedoman untuk memperlihatkan asertivitas berdasarkan empati dalam rangka membina hubungan baik dengan banyak vorang, dengan asumsi bahwa orang lain pun mempunyai hak dan kesempatan yang sama seperti kita. Oleh karena itu, kita dapat mengemukakan hak pribadi, namun janganlah kita melupakan untuk memperhatikan hak orang lain pula.
Asertivitas harus didukung oleh kemampuan untuk berargumentasi secara logis dan konstruktif, yaitu bahwa ia mampu untuk menjalankan pilihannya secara konsekuen dan bertanggung jawab. Bagi kita yang merasa perlu untuk tampil secara asertif diharapkan dapat mengevaluasi diri dengan memperhatikan elemen-elemen yang bermanfaat untuk peningkatan asertivitas dengan berpatokan pada formula 3 A.
Sosok pribadi yang mampu mengembangkan perilaku asertif ini secara memadai, tentu akan terhindar dari berbagai permasalahan yang acap kali menghadang gerak maju dalam pencapaian performansi prima.
--------- iim ----------
UJIAN MATRIKULASI
MATA KULIAH : ETIKA BISNIS DAN KOMUNIKASI BISNIS
DOSEN : - Drs. Ec. Mashariono
- Dra. Pinky Saptandari, MA
Oleh :
Muhammad Mastur
Angkatan VIII
PROGRAM PASCA SARJANA
PROGRAM STUDY MAGISTER MANAGEMENT
STIESIA
2008
II. STUDY KASUS
I. Data yang Terungkap/ Permasalah
Kasus yang menimpa Untung Tri Gunawan berkaitan mengindikasikan betapa lemahnya manajemen di gedung gundar, Kejaksaan Agung. Beberapa data yang sempat terungkap, kita dapat melihatnya dari berbagai pemberitaan di media, baik cetak maupun elektronik. Dalam pemberitaan tersebut kita dapat mengetahui beberapa fakta yang terungkap antara lain :
Kasus penyuapan jaksa Urip Tri Gunawan dilakukan oleh Arthalyta Suryani alias Ayin
Besarnya uang yang diberikan oleh ayin untuk menyuap jaksa UTG, Urip Tri Gunawan, bernilai milyaran rupiah, kurang lebih enam milyar rupiah
Kasus penyuapan di kejaksaan agung tidak hanya berhenti di UTG tetapi juga menyeret beberapa jaksa agung muda lainnya, Kemas Yahya Rahman. Kasus penyuapan yang dilakukan untuk memuluskan kasus Anthony Nursalim dilakukan secara berjama’ah di gedung bundar.
Proses komunikasi antara UTG dengan Ayin dilakukan dengan media telephon.
Kecanggihan teknologi telekomunikasi dalam satu sisi mempermudah manusia dalam melakukan suatu hubungan tetapi disisi lain juga dapat disalahgunakan untuk melakukan tindak kejahatan.
Metode komunikai Ayin mampu mempengaruhi UTG untuk bersama-sama melakukan tindak kejahatan. Kondisi tersebut membuat UTG yang notabene adalah jaksa agung muda yang membidangi masalah BLBI mampu teperdaya oleh kepiawaian Ayin dalam berkomunikasi. Hal ini terlihat dari factor besarnya uang suap yang diberikan Ayin ke UTG
Untuk menghindari penafsiran dan pembahasan yang melebar tentang kasus dari UTG dan Ayin, kita akan membatasi masalah dalam hal ini akan dibatasi dalam bidang yang berkkaitan dengan komunikasi. Permasalahan yang terjadi dalam kasus ini adalah lemahnya system komunikasi yang terjadi di gedung bundar sehingga membuka celah terjadi tindak kejahatan di Kejaksaan Agung.
II. Solusi / Pemecahan Masalah
Dalam kasus Ain dan UTG dilihat dari sisi komunikasi bisnis dikarenakan karena banyakna system kelemahan dalam system komunikasi yang ada di gedung bundar. Terlepas dari berbagai kelemahan disisi lainnya, dalam makalah ini hanya memandang dari segi komunikasi bisnis.
Longgarnya celah dalam komunikasi yang terdapat di gedung bundar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Ayin untuk mempengaruhi pejabat-pejabat di gedung bundar. Untuk mengatasi diperlukan adanya beberapa langkah sebagai berikut :
- Diterapkannya sistem komunikasi yang lebih terbuka
- Intensitas komunikasi dua arah antara bawahan dan atasan perlu ditingkatkan
- Penerapan sistem pengawasan antara individu dalam setiap kasus sehingga tidak kekuasaan yang mutlak/ tanpa pengawan
III. Opini
Kasus penyuapan yang dilakukan oleh Ayin ke pejabat-pejabat di gedung bundar merupakan tamparan yang sangat keras betapa rapuhnya system pengawasan yang terdapat di Gedung bundar. Sebagai salah satu institusi penegak hukum di NKRI sungguh suatu aib ang mampu mendiskreditkan institusi dimata masyarakat.
Dalam kaca mata manajemen, kasus penyuapan yang terjadia merupakan indikasi lemahna manajemen pengawasan gedung bundar. Sebagai institusi penegak hukum yang seharusnya mengawasi proses tegaknya hukum di NKRI tetapi dinodai oleh aparat institusi itu sendiri. Jika kita bertanya siapa yang bertanggungjawab dalam kasus tersebut. Maka jawabannya adalah semua bertanggung jawab dalam kasus tersebut. Jaksa Agung sebagai bos gedung bundar paling bertanggungjawab karena tidaka mampu mengawasi anak buahna.
UTG sendiri sebagai pelaku kasus penyuapan tersebut juga harus bertanggungjawab dan semestinya baik secara pribadi maupun institusi harus bertanggungjawab secara moral dan hukum.
Apapun alas an pelaku terhadap kasus tersebut sudah merupakan pelanggaran hukum dan tindakan tidak etis ang dilakukan oleh seorang pelaku penegak hukum. Seharusnya hukuman yang diberikan dua kali lipat dibandingkan jika kasus tersebut dilakukan oleh orang yang buta hukum.
I. TEORI
- Jadilah Pendengar yang BAIK sebelum menjadi Pembicara yang BAIK.
Pada dasarnya munculnya konsep ini mengisaratkan kepada kita agar lebih banyak belajar dari orang lain. Belajar berbagai ilmu ang ada didunia ini. Kemampuan seseorang sangat terbatas dan tidak ada ang bisa disombongkan dari orang lain. Kemampuan seseorang tidak lebih hanya disatu bidang saja dan masih banyak ang harus diketahui dari orang lain melalui cara mendengarkan dari pihak lain.
- Pendapat
Pada dasarnya secara anatomi tubuh kita sudah bisa melihat sendiri. Kita semua pasti tahu bahwa kita diberikan oleh Tuhan dua telinga, dua mata, dan satu mulut. Ini artinya kita harus banyak mendengar dan lebih banyak melihat. Mendengar semua ang ada di dunia ini. Kejadian – kejadian yang ada didunia ini, yang terjadi disekeliling kita.
Kita diberi oleh Tuhan satu mulut. Ini berarti kita harus lebih sedikit bicara dibandingkan dengan jika kita harus melihat dan mendengar. Secara struktur tubuhpun seharusnya kita juga mengetahui bahwa telinga posisinya lebih tinggi dibandingkan dengan mulut. Ini menunjukkan bahwa mendengar lebih mulia, belajar harus lebih diutamakan. Jangan membicarkan sesuatu jika belum mendengarnya sendiri. Sesuatu ang belum kita dengar benar akan berakibat fitnah dan menimbulkan kerusakan dimuka bumi ini.
- Pareto Law, ” Berbagai kegiatan, kejadian, daya tangkap manusia jauh lebih kecil (20%) dibandingkan dengan yang terbuang (80%)
Hukum Pareto memang ada benarnya tetapi hal tersebut tidak mutlak. Kita dapat mengetahui melihat dengan jelas adanya anak-anak luar biasa dengan daya tangkap yang luar biasa pula. Kalau kita katakan dalam prosentase mungkin daya tangkap mereka bisa kebalikan dari hukum Pareto. Anak-anak luar biasa mungkin daa ingatnya mencapai 80% sedangkan yang terbuang hanya 20% atau bahkan tidak sampai 20%.
Daya tangkap seseorang sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Mungkin pada saat dilakukan penelitian banyak yang tidak konsentrasi. Mungkin pada sample yang diambil anak-anaknya adalah anak-anak dibawah rata-rata untuk daya ingatna. Sehingga hukum Pareto masih dikaji lebih dalam lagi dan terangkan lebih spesifik tentang asal munculnya hukum tersebut.
- Komunikasi lisan ang panjang (3-5 orang) cenderung miss.
Sifat manusia selalu sering menambah suatu pesan. Sedangkan sebenarnya kita telah diajari oleh tubuh kita sendiri bahwa kita harus lebih banyak mendengar dan memperbanyak bicara karena mulut kita sendiri. Dengan demikian pesan yang terkandung yang didalamnya yang seharusnya disampaikan hilang substansinya. Penerima pesan terakhir terkadang berbeda penerimaannya dengan pesan yang diberikan ke orang ang pertama.
Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya untuk pesan yang sifatnya penting dibuat secara tertulis. Walaupun hal tersebut hanya dituliskan dalam secarik kertas. Dengan demikian pesan dari pemberi kepada penerima sampai berpapapun panjangnya tidak terjadi salah penafsiran.
II. KASUS
- Sistematika Fakta/ data
BLBI
Jaksa Agung
Nursalim
Ayin
UTG
Pemeriksaan BLBI
Komunikasi
Suap
Pejabat Kejagung Lainnya
- Solusi
BLBI
UTG
Pengawas
Media
Masyarakat
Seharusnya dalam setiap penyelesaian kasus diungkap secara transparan dan diberitahukan kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui proses penelidikan sedang dilakukan. Kasus BLBI yang ditangani oleh UTG seharusnya mendapatkan monitoring dari Jamwas ang akan menilai kinerja dari UTG selaku jaksa penyelidik.
Kinerja dari Jamwas juga harus dilaporkan oleh Humas Kejaksaan Agung kepada media sehingga masyarakat mengetahui. Sampai dimana proses berlangsung dan bagaimana perkembangannya. Media akan diawasi oleh masyarakat. Media yang memberitakan kebohongan akan diketahui oleh masyarakat dan biarkan masyarakat ang menghakiminya.
- Opini/ pendapat
Munculnya kasus Ayin dan UTG lebih disebabkan oleh fungsi pengawasan yang kurang berjalan dengan baik. Lemahnya sistem pengawasan dimanfaatkan oleh Ain yang jago berkomunikasi mempengaruhi pejabat-pejabat dengan iming-iming uang yang besar. Jika fungsi pengawasan berjalan dengan baik maka celah akan untuk melakukan penyuapan akan sulit dilakukan.
Refferensi :
How to talk to any one, any time, any where, Larry King, Edisi 8, 2008
Manajemen Sumber Daya Manusia, Sondang Siagian, Jakarta, 2007
Materi Kuliah Komunikasi Bisnis, Mashariono, Stiesia, Surabaya, 2008-08-06
Materi Kuliah, Komunikasi Bisnis, Pinky Saptandari, Stiesia, Surabaya, 2008
Etika bisnis dapat meliputi scope institusi maupun pribadi. Etika bisnis institusional berhubungan dengan pihak luar, agar tidak mengenai seseorang & topik abstrak dari etika perusahaan sebagai institusi. Sebagai contoh adalah tanggung jawab sosial perusahaan, dari tingkat internasional, kita dapat berdebat secara deduktif berdebat kembali ke etika eksekutif individual yang memutuskan kebijakan perusahaan.
Sebaliknya etika bisnis perseorangan dimulai pada spektrum akhir yang berlawanan dari etika institusional, yaitu berhubungan dengan pembuat keputusan secara individu. Kita dapat berdebat secara induktif dimulai dari concrete, terutama tingkat atas ke moralitas yang umum dari kebijakan-kebijakan perusahaan. Etika bisnis perseorangan memiliki 2 asumsi. Pertama, perusahaan adalah sebuah kesatuan abstrak yang sah, dimana etika juga merupakan sesuatu yang abstrak. Kedua, katrakter moral & sistem nilai perusahaan mencerminkan etika perseorangan & skala nilai dari tanggung jawab eksekutif secara individu bagi kebijakan perusahaan.
Pertama, kita akan memperlihatkan mengapa eksekutif-eksekutif memerlukan etika bisnis perseorangan terutama dengan keadaan dunia sekarang ini. Kemudian kita akan membatasi sifat etika bisnis. Setelah bahan-bahan pengenalan ini, makalah ini akan memberikan argumentasi untuk etika bisnis perseorangan & eksekutif yang secara langsung meminta kepentingan mereka sendiri. Itu akan menghubungkan elemen-elemen teori manajemen dengan etika . Dengan jalan istimewa itu akan menyambung teori motivasi karyawan dengan sebuah pertimbangan nilai-nilai, tipe-tipe karakter manajemen & tipe-tipe moral & gaya-gaya kepemimpinan manajemen dengan moralitas. Kemudian sebuah teknik praktek akan diterangkan yang akan membantu eksekutif-eksekutif mengaturkehidupan mereka lebih baik di bisnis & rasa etika. Akhirnya, tulisan ini akan meyimpulkan dengan menjelaskan moral-moral ideal yang utama yang akan memandu eksekutif di pekerjaan & perkembangan mereka sebagai manajer & sebagai manusia.
Pertempuran-pertempuran baru eksekutif ini mempunyai karakter pribadi yang berbeda. Daripa tujuan bisnis yang tradisional yaitu memperbesar marjin keuntungan. - a rather pale & impersonal quest oleh perbandingan -, kita sekarang dapat melihat ego yang diperluas dari CEO yang ambisius yang terkunci dalam kemuliaan pribadi. Kita kelihatannya mempunyai lingkaran penuh dalam etika bisnis dengan sebuah pembalasan Pada penelitian-penelitian terdahulu dari peranan etika dalam bisnis, disesali bahwa etika pribadi meliputi disiplin- dipengaruhi oleh pertimbangan ekonomi, tidak mengenai seseorang. Dalam posisinya sekarang kita mempunyai baik etika maupun ekonomi ditakklukkan oleh hukum pribadi yang terlalu tinggi dari supermen perusahaan yang bangga dengan ego super. Eksekutif-eksekutif ini kelihatannya mempuntai kesulitan mempertimbangkan diri mereka sendiri menjadi hanya sekadar makhluk hidup dibawah hukum baik etika maupun ekonomi. Mereka kelihatannya memikirkan bahwa mereka dibawah baik dan buruk dan dibawah keuntungan dan kerugian.
Pada usia personalitas yang masih dini dalam etika bisnis, secara khusus sangat penting bagi seorang eksekutif yang penuh pemikiran untuk mendapatkan pandangan pribadi pada hubungan antara bisnis & etika dalam kehidupannya sendiri. Sebuah cara yang baik dalam melakukan ini adalah mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut : Bisnis apakah yang dimiliki etika dalam bisnis? Bisnis apakah yag bisnis miliki dalam etika ? Apakah ada keuntungan dalam etika bagi seorang eksekutif ? dan apakah moral menolong seorang eksekutif menjadi seorang manajer yang lebih efektif ?
Dalam uraian ringkas beberapa jawaban sementara untuk pertanyaan-pertanyaan ini, kita akan memusatkan perhatian pada relevansi pribadi langsung dari etika untuk eksekutif dalam kehidupan mereka sehari-hari. Kami akan memperlihatkan bagaimana kemanusiaan mereka dan folosofi hidup bersinar melalui hubungan mereka dengan yang lain. Untuk menetapkan sifat diskusi kita, berikut ini adalah sebuah perumpamaan oleh Peter Bamm, seorang penulis kontemporer Jerman dan fisikawan, berjudul Mengenang Rockefeller. Rockefeller sudah mati. Pada suatu saat dia diduga pernah berbicara tentang dirinya, bahwa meskipun dia raja minyak di dunia, dia tidak cukup memiliki lemak untuk menggabungkannya. Tanda dari orang terkaya di dunia sangat dalam dan besar. Itu menempatkan dirinya sejajar dengan Diogenes.
Etika bisnis memang harus dihidupkan di perusahaan. Dalam kaitan ini, perusahaan yang bergerak di bidang konsultan mempunyai peran besar dalam pembentukan norma. Bagaimana perusahaan konsultan menegakkan etika bisnis? Kemal A. Stamboel, Managing Partner Kemal Stamboel & Partners yang berasosiasi dengan konsultan besar dunia Price Waterhouse Coopers (PWC) menjelaskan lika-liku bisnis konsultan dan upaya untuk menegakkan etika dan transparansi di perusahaan. Simak berbagai pandangannya:
“Perusahaan konsultan internasional seperti PWC mempunyai standar yang bersifat global. Mereka yang berkonsultasi akan mendapatkan standar yang sama di berbagai negara. Perusahaan yang telah memiliki standar akan dikenal reputasinya, baik sebagai brand, isi pelayanan, kualitas orang, dan output orang-orangnya.
Pendekatan standar dengan kualifikasi, bukan “asal-asalan”. Perusahaan konsultan sangat menjunjung tinggi kualitas pemikiran. Keunggulan perusahaan terletak pada knowledge management. Misalnya, bagaimana memberdayakan dan meningkatkan pengetahuan dengan program yang jelas. Upaya ini memerlukan usaha yang tidak kecil.
Untuk membangun reputasi, perusahaan konsultan sangat menjunjung etika. Oleh karena itu jarang perusahaan konsultan yang beriklan secara berlebih. Agar reputasi tetap terjaga, perusahaan konsultan memiliki beberapa kriteria. Kami menolak klien yang berisiko tinggi, walaupun dia menyediakan banyak uang.
Ketika ekonomi Indonesia tumbuh pesat dalam sepuluh tahun terakhir, banyak pendatang baru di bisnis. Ada pedagang yang menjadi bankir. Banyak juga pengusaha yang sangat ekspansif di luar kemampuan. Mereka berlomba membangun usaha konglomerasi yang keluar dari bisnis intinya tanpa disertai manajemen organisasi yang baik. Akibatnya, pada saat ekonomi sulit banyak perusahaan yang bangkrut.
Salah satu etika perusahaan konsultan adalah menjaga kerahasiaan klien. Bisa saja perusahaan konsultan menangani dua perusahaan dalam industri yang sama, tetapi kerahasiaan masing-masing perusahaan akan tetap terjaga. Perusahaan yang satu tidak dapat memanfaatkan perusahaan yang lain. Setiap perusahaan mempunyai penyelesaian masalah, sehingga nantinya bisa berkompetisi satu dengan yang lainnya.
Perusahaan konsultan mempunyai value dan memberikan rekomendasi yang akan dilaksanakan kliennya. Misalkan, ada etika, perusahaan tidak mempekerjakan pegawai anak-anak. Di luar negeri, ada pembatasan hubungan berdagang dengan perusahaan-perusahaan yang tidak menjunjung etika berdagang yang baik. Kami juga menyarankan, perusahaan jangan mengambil keuntungan yang berlebihan dengan cara menipu konsumen.
Pelanggaran etik bisnis di perusahaan memang banyak, tetapi upaya untuk menegakan etik perlu digalakkan. Misalkan, perusahaan tidak perlu berbuat curang untuk meraih kemenangan. Hubungan yang tidak transparan dapat menimbulkan hubungan istimewa atau kolusi dan memberikan peluang untuk korupsi.
Dari mana upaya penegakkan etika bisnis dimulai? Etika bisnis paling gampang diterapkan di perusahaan sendiri. Pemimpin perusahaan memulai langkah ini karena mereka menjadi panutan bagi karyawannya. Selain itu, etika bisnis harus dilaksanakan secara transparan. Pemimpin perusahaan seyogyanya bisa memisahkan perusahaan dengan milik sendiri. Dalam operasinya, perusahaan mengikuti aturan berdagang yang diatur oleh tata cara undang-undang.
Etika bisnis tidak akan dilanggar jika ada aturan dan sangsi. Kalau semua tingkah laku salah dibiarkan, lama kelamaan akan menjadi kebiasaan. Repotnya, norma yang salah ini akan menjadi budaya. Oleh karena itu bila ada yang melanggar aturan diberikan sangsi untuk memberi pelajaran kepada yang bersangkutan.
Usaha jasa konsultan mungkin tidak terlepas dari penyimpangan. Padahal bisnis ini perlu dilandasi reputasi dan persepsi. Oleh karena itu bila ada persepsi negatif jangan diremehkan. Dalam menghadapi masalah, perusahaan jangan defensif, tetapi melakukan aksi pembenahan ke dalam. Upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menegakkan budaya transparansi antara lain; Penegakkan budaya berani bertanggung jawab atas segala tingkah lakunya. Individu yang mempunyai kesalahan jangan bersembunyi di balik institusi. Untuk menyatakan kebenaran kadang dianggap melawan arus, tetapi sekarang harus ada keberanian baru untuk menyatakan pendapat. Ukuran-ukuran yang dipakai untuk mengukur kinerja jelas. Bukan berdasarkan kedekatan dengan atasan, melainkan kinerja. Pengelolaan sumber daya manusia harus baik.
B. Perilaku Asertip
Perilaku asertip bukan berarti seseorang sempurna. Sikap asertif merupakan ungkapan, gagasan, perasaan, pendapat, dan kebutuhan seseorang secara jujur dan wajar, tidak dibuat-buat. Pakar perilaku, Astrid french, dalam bukunya yang berjudul ” Interpersonal Skill ” bahwa perilaku asertif akan memberikan kesempatan kepada seseorang untuk menjadi apapun yang menjadi haknya.
Sebagai contoh keseharian perilaku asertif adalah sebagai berikut ; dalam menaiki jenjang karir salah satu yang dihadapi adalah bagaimana membangun sikap yang tegas, tetapi tidak ditafsirkan menyerang orang lain. Bisa berkata tidak, tanpa melukai siapapun. Asertifitas ini bukan sekedar bicara, tapi lebih luas lagi: Bagaimana tindakan kita sehari hari dalam berhubungan dengan orang di sekeliling kita? Bagaimana ciri-ciri perilaku asertif, yang letaknya diantara submisif dan agresif itu? Inilah penjelasannya.Orang yang mempunyai perilaku submisif berkecenderungan menerima dan bahkan menyerah pada semua hal yang terjadi, sekalipun yang dihadapi buruk adanya. Yang menonjol dari perilaku ini adalah tidak mampu mengatakan "Tidak" pada kondisi dimana ia harus menyatakan "tidak". Jelas perilaku seperti ini menimbulkan berbagai masalah baik bagi dirinya sendiri maupun orang-orang lain yaitu: tidak dapat dijadikanpartner kerja yang baik dan sulit untuk berkembang. Orang dengan perilaku seperti ini akan selalu menghadapi berbagai hambatan dan selalu melakukan kesalahan-kesalahan yang dapat menjatuhkan aktivitasny
Bagaimana mengenai perilaku agresif? Perilaku agresif mempunyai pengertian yang bertolak belakang dari perilaku submisif. Perilaku agresif cenderung untuk tidak melihat atau tidak mempertimbangkan kepentingan orang lain. Apa pun yang menjadi keinginannya itulah yang harus dilaksanakan. Dengan demikian, orang yang berperilaku demikian akan menemui berbagai kesulitan pada waktu bekerja secara tim. Kalaupun dipaksakan cenderung melakukan banyak kesalahan yang pada akhirnya menghambat kariernya sendir
Dan inilah yang dimaksud dengan perilaku asertif. Perilaku asertif dibandingkan dengan kedua perilaku di atas (submisif dan agresif) berada di antara keduanya, yaitu perilaku yang dapat menyatakan "Ya" dan "Tidak" sesuai pada kondisi yang terjadi.Orang yang memiliki perilaku asertif ini cenderung dapat bekerja sama dan dapat berkembang untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Pada perilaku ini tingkat sensitivitas yang dimiliki cukup tinggi sehingga ia dapat membaca situasi yang terjadi di sekelilingnya, yang memudahkannya untuk menempatkan diri dan melakukan aktivitasnya secara strategis, terarah, dan terkendali mantap
Ketiga perilaku dasar tersebut selalu berdampak langsung terhadap perkembangan diri dan berbagai aktivitas yang dijalankannya. Di sini terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku yang dimiliki dengan tindakan yang dilakukan. Seperti halnya orang yangberperilaku submisif cenderung tidak memfokuskan diri pada perkembangan dirinya berdasarkan kemampuan yang dimiliki; mereka akan mengikuti apa saja yang menjadi keinginan pimpinan, keinginan keluarga, atau keinginan masyarakat. Apabila kita menyimak secara mendalam penjabaran di atas, maka terlihat bahwa perilaku asertifmerupakan pilihan utama yang patut dikembangkan dalam upaya memperlihatkan citra diri berkualitas.
Perilaku asertif berarti adanya sikap tegas yang dikembangkan dalam berhubungan dengan banyak orang dalam berbagai aktivitas kehidupan. Dalam artian, ia dapat mengambil keputusan atau melakukan tindakan tertentu berdasarkan hasil pemikiran sendiri, tanpa sikap emosional, meledak-ledak, atau berperilaku buruk lainnya. Ia menegakkan kemandiriannya tanpa bermaksud menyakiti hati orang lain. Ketegasanpenuh kelembutan, ketegasan tanpa arogansi, itulah ciri asertif.
Lebih jauh lagi perilaku asertif membuat seseorang merasa ertanggung jawab dan konsekuen untuk melaksanakan keputusannya endiri. Dalam hal ini, ia bebas untuk mengemukakan berbagai einginan, pendapat, gagasan, dan perasaan secara terbuka sambil etap memperhatikan juga pendapat orang lain. Citra dirinya akan terhat sebagai sosok yang berpendirian dan tidak terjebak pada ksploitasi yang erugikan dirinya sendiri. Dengan demikian, akan imbul rasa hormat dan penghargaan orang lain yang berpengaruh besar erhadap pemantapan eksistensi dirinya di tengah-tengah khalayak uas.
Membangun Perilaku Asssertive
Kehadiran seorang teman memiliki arti tersendiri bagi kita semua. erhubungan dengan orang lain dengan beranggapan bahwa mereka adalah eman sampai pada batas-batas tertentu, dapat membantu kita untuk elalu bersikap ramah, terbuka, dan memperhatikan kehadiran mereka. esemuanya dapat kita manfaatkan secara positif dalam rangka engembangkan perilaku asertif dalam aktivitas sehari-hari, karena engan menerima kehadiran orang lain terlebih dahulu kita pun dapat embuat mereka memahami keberadaan kita.
Dalam membangun assertivitas terdapat beberapa pendekatan yang dapat ditempuh. Salah satunya adalah Formula 3 A, yang terangkai dari tiga kata yaitu Appreciatio , Acceptance, Accommodating:
Appreciation berarti menunjukkan penghargaan terhadap kehadiran orang lain, dan tetap memberikan perhatian sampai pada batas-batas tertentu atas apa yang terjadi pada diri mereka. Mereka pun, seperti kita, tetap membutuhkan perhatian orang lain. Dengan demikian, agar mereka mau memperhatikan, memahami, dan menghargai diri kita, maka sebaiknya kita mulai dengan terlebih dahulu menunjukkan perhatian,pemahaman, dan penghargaan kepada mereka.
Acceptance adalah perasaan mau menerima, memberikan arti sangat positif terhadap perkembangan kepribadian seseorang, yaitu menjadi pribadi yang terbuka dan dapat menerima orang lain sebagaimana keberadaan diri mereka masing-masing. Dalam hal ini, kita tidak memiliki tuntutan berlebihan terhadap perubahan sikap atau perilaku orang lain (kecuali yang negatif) agar ia mau berhubungan dengan mereka. Tidak memilih-milih orang dalam berhubungan dengan tidak membatasi diri hanya pada keselarasan tingkat pendidikan, status sosial, suku, agama, keturunan, dan latar belakang lainnya. Terakhir adalah accomodating. Menunjukkan sikap ramah kepada semua tanpa terkecuali, merupakan perilaku yang sangat positif. Keramahan senantiasa memberikan kesan positif dan menyenangkan kepada semua orang yang kita jumpai. Keramahan membuat hati kita senantiasa terbuka, yang dapat mengarahkan kita untuk bersikap akomodatif terhadap situasi dan kondisi yang kita hadapi, tanpa meninggalkan kepribadian kita sendiri. Dalam artian, kita dapat memperlihatkan toleransi dengan penuh rasa hormat, namun bukan berarti kita jadi ikut lebur dalam pandangan orang lain, apalagi dengan hal-hal yang bertentangan dengan diri kita. Hal ini penting sekali untuk diperhatikan agar kita mampu menempatkan diri secara benar di tengah khalayak luas, sekaligus membina saling pengertian dengan banyak orang.
Formula 3 A merupakan pedoman untuk memperlihatkan asertivitas berdasarkan empati dalam rangka membina hubungan baik dengan banyak vorang, dengan asumsi bahwa orang lain pun mempunyai hak dan kesempatan yang sama seperti kita. Oleh karena itu, kita dapat mengemukakan hak pribadi, namun janganlah kita melupakan untuk memperhatikan hak orang lain pula.
Asertivitas harus didukung oleh kemampuan untuk berargumentasi secara logis dan konstruktif, yaitu bahwa ia mampu untuk menjalankan pilihannya secara konsekuen dan bertanggung jawab. Bagi kita yang merasa perlu untuk tampil secara asertif diharapkan dapat mengevaluasi diri dengan memperhatikan elemen-elemen yang bermanfaat untuk peningkatan asertivitas dengan berpatokan pada formula 3 A.
Sosok pribadi yang mampu mengembangkan perilaku asertif ini secara memadai, tentu akan terhindar dari berbagai permasalahan yang acap kali menghadang gerak maju dalam pencapaian performansi prima.
--------- iim ----------
UJIAN MATRIKULASI
MATA KULIAH : ETIKA BISNIS DAN KOMUNIKASI BISNIS
DOSEN : - Drs. Ec. Mashariono
- Dra. Pinky Saptandari, MA
Oleh :
Muhammad Mastur
Angkatan VIII
PROGRAM PASCA SARJANA
PROGRAM STUDY MAGISTER MANAGEMENT
STIESIA
2008
II. STUDY KASUS
I. Data yang Terungkap/ Permasalah
Kasus yang menimpa Untung Tri Gunawan berkaitan mengindikasikan betapa lemahnya manajemen di gedung gundar, Kejaksaan Agung. Beberapa data yang sempat terungkap, kita dapat melihatnya dari berbagai pemberitaan di media, baik cetak maupun elektronik. Dalam pemberitaan tersebut kita dapat mengetahui beberapa fakta yang terungkap antara lain :
Kasus penyuapan jaksa Urip Tri Gunawan dilakukan oleh Arthalyta Suryani alias Ayin
Besarnya uang yang diberikan oleh ayin untuk menyuap jaksa UTG, Urip Tri Gunawan, bernilai milyaran rupiah, kurang lebih enam milyar rupiah
Kasus penyuapan di kejaksaan agung tidak hanya berhenti di UTG tetapi juga menyeret beberapa jaksa agung muda lainnya, Kemas Yahya Rahman. Kasus penyuapan yang dilakukan untuk memuluskan kasus Anthony Nursalim dilakukan secara berjama’ah di gedung bundar.
Proses komunikasi antara UTG dengan Ayin dilakukan dengan media telephon.
Kecanggihan teknologi telekomunikasi dalam satu sisi mempermudah manusia dalam melakukan suatu hubungan tetapi disisi lain juga dapat disalahgunakan untuk melakukan tindak kejahatan.
Metode komunikai Ayin mampu mempengaruhi UTG untuk bersama-sama melakukan tindak kejahatan. Kondisi tersebut membuat UTG yang notabene adalah jaksa agung muda yang membidangi masalah BLBI mampu teperdaya oleh kepiawaian Ayin dalam berkomunikasi. Hal ini terlihat dari factor besarnya uang suap yang diberikan Ayin ke UTG
Untuk menghindari penafsiran dan pembahasan yang melebar tentang kasus dari UTG dan Ayin, kita akan membatasi masalah dalam hal ini akan dibatasi dalam bidang yang berkkaitan dengan komunikasi. Permasalahan yang terjadi dalam kasus ini adalah lemahnya system komunikasi yang terjadi di gedung bundar sehingga membuka celah terjadi tindak kejahatan di Kejaksaan Agung.
II. Solusi / Pemecahan Masalah
Dalam kasus Ain dan UTG dilihat dari sisi komunikasi bisnis dikarenakan karena banyakna system kelemahan dalam system komunikasi yang ada di gedung bundar. Terlepas dari berbagai kelemahan disisi lainnya, dalam makalah ini hanya memandang dari segi komunikasi bisnis.
Longgarnya celah dalam komunikasi yang terdapat di gedung bundar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Ayin untuk mempengaruhi pejabat-pejabat di gedung bundar. Untuk mengatasi diperlukan adanya beberapa langkah sebagai berikut :
- Diterapkannya sistem komunikasi yang lebih terbuka
- Intensitas komunikasi dua arah antara bawahan dan atasan perlu ditingkatkan
- Penerapan sistem pengawasan antara individu dalam setiap kasus sehingga tidak kekuasaan yang mutlak/ tanpa pengawan
III. Opini
Kasus penyuapan yang dilakukan oleh Ayin ke pejabat-pejabat di gedung bundar merupakan tamparan yang sangat keras betapa rapuhnya system pengawasan yang terdapat di Gedung bundar. Sebagai salah satu institusi penegak hukum di NKRI sungguh suatu aib ang mampu mendiskreditkan institusi dimata masyarakat.
Dalam kaca mata manajemen, kasus penyuapan yang terjadia merupakan indikasi lemahna manajemen pengawasan gedung bundar. Sebagai institusi penegak hukum yang seharusnya mengawasi proses tegaknya hukum di NKRI tetapi dinodai oleh aparat institusi itu sendiri. Jika kita bertanya siapa yang bertanggungjawab dalam kasus tersebut. Maka jawabannya adalah semua bertanggung jawab dalam kasus tersebut. Jaksa Agung sebagai bos gedung bundar paling bertanggungjawab karena tidaka mampu mengawasi anak buahna.
UTG sendiri sebagai pelaku kasus penyuapan tersebut juga harus bertanggungjawab dan semestinya baik secara pribadi maupun institusi harus bertanggungjawab secara moral dan hukum.
Apapun alas an pelaku terhadap kasus tersebut sudah merupakan pelanggaran hukum dan tindakan tidak etis ang dilakukan oleh seorang pelaku penegak hukum. Seharusnya hukuman yang diberikan dua kali lipat dibandingkan jika kasus tersebut dilakukan oleh orang yang buta hukum.
I. TEORI
- Jadilah Pendengar yang BAIK sebelum menjadi Pembicara yang BAIK.
Pada dasarnya munculnya konsep ini mengisaratkan kepada kita agar lebih banyak belajar dari orang lain. Belajar berbagai ilmu ang ada didunia ini. Kemampuan seseorang sangat terbatas dan tidak ada ang bisa disombongkan dari orang lain. Kemampuan seseorang tidak lebih hanya disatu bidang saja dan masih banyak ang harus diketahui dari orang lain melalui cara mendengarkan dari pihak lain.
- Pendapat
Pada dasarnya secara anatomi tubuh kita sudah bisa melihat sendiri. Kita semua pasti tahu bahwa kita diberikan oleh Tuhan dua telinga, dua mata, dan satu mulut. Ini artinya kita harus banyak mendengar dan lebih banyak melihat. Mendengar semua ang ada di dunia ini. Kejadian – kejadian yang ada didunia ini, yang terjadi disekeliling kita.
Kita diberi oleh Tuhan satu mulut. Ini berarti kita harus lebih sedikit bicara dibandingkan dengan jika kita harus melihat dan mendengar. Secara struktur tubuhpun seharusnya kita juga mengetahui bahwa telinga posisinya lebih tinggi dibandingkan dengan mulut. Ini menunjukkan bahwa mendengar lebih mulia, belajar harus lebih diutamakan. Jangan membicarkan sesuatu jika belum mendengarnya sendiri. Sesuatu ang belum kita dengar benar akan berakibat fitnah dan menimbulkan kerusakan dimuka bumi ini.
- Pareto Law, ” Berbagai kegiatan, kejadian, daya tangkap manusia jauh lebih kecil (20%) dibandingkan dengan yang terbuang (80%)
Hukum Pareto memang ada benarnya tetapi hal tersebut tidak mutlak. Kita dapat mengetahui melihat dengan jelas adanya anak-anak luar biasa dengan daya tangkap yang luar biasa pula. Kalau kita katakan dalam prosentase mungkin daya tangkap mereka bisa kebalikan dari hukum Pareto. Anak-anak luar biasa mungkin daa ingatnya mencapai 80% sedangkan yang terbuang hanya 20% atau bahkan tidak sampai 20%.
Daya tangkap seseorang sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Mungkin pada saat dilakukan penelitian banyak yang tidak konsentrasi. Mungkin pada sample yang diambil anak-anaknya adalah anak-anak dibawah rata-rata untuk daya ingatna. Sehingga hukum Pareto masih dikaji lebih dalam lagi dan terangkan lebih spesifik tentang asal munculnya hukum tersebut.
- Komunikasi lisan ang panjang (3-5 orang) cenderung miss.
Sifat manusia selalu sering menambah suatu pesan. Sedangkan sebenarnya kita telah diajari oleh tubuh kita sendiri bahwa kita harus lebih banyak mendengar dan memperbanyak bicara karena mulut kita sendiri. Dengan demikian pesan yang terkandung yang didalamnya yang seharusnya disampaikan hilang substansinya. Penerima pesan terakhir terkadang berbeda penerimaannya dengan pesan yang diberikan ke orang ang pertama.
Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya untuk pesan yang sifatnya penting dibuat secara tertulis. Walaupun hal tersebut hanya dituliskan dalam secarik kertas. Dengan demikian pesan dari pemberi kepada penerima sampai berpapapun panjangnya tidak terjadi salah penafsiran.
II. KASUS
- Sistematika Fakta/ data
BLBI
Jaksa Agung
Nursalim
Ayin
UTG
Pemeriksaan BLBI
Komunikasi
Suap
Pejabat Kejagung Lainnya
- Solusi
BLBI
UTG
Pengawas
Media
Masyarakat
Seharusnya dalam setiap penyelesaian kasus diungkap secara transparan dan diberitahukan kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui proses penelidikan sedang dilakukan. Kasus BLBI yang ditangani oleh UTG seharusnya mendapatkan monitoring dari Jamwas ang akan menilai kinerja dari UTG selaku jaksa penyelidik.
Kinerja dari Jamwas juga harus dilaporkan oleh Humas Kejaksaan Agung kepada media sehingga masyarakat mengetahui. Sampai dimana proses berlangsung dan bagaimana perkembangannya. Media akan diawasi oleh masyarakat. Media yang memberitakan kebohongan akan diketahui oleh masyarakat dan biarkan masyarakat ang menghakiminya.
- Opini/ pendapat
Munculnya kasus Ayin dan UTG lebih disebabkan oleh fungsi pengawasan yang kurang berjalan dengan baik. Lemahnya sistem pengawasan dimanfaatkan oleh Ain yang jago berkomunikasi mempengaruhi pejabat-pejabat dengan iming-iming uang yang besar. Jika fungsi pengawasan berjalan dengan baik maka celah akan untuk melakukan penyuapan akan sulit dilakukan.
Refferensi :
How to talk to any one, any time, any where, Larry King, Edisi 8, 2008
Manajemen Sumber Daya Manusia, Sondang Siagian, Jakarta, 2007
Materi Kuliah Komunikasi Bisnis, Mashariono, Stiesia, Surabaya, 2008-08-06
Materi Kuliah, Komunikasi Bisnis, Pinky Saptandari, Stiesia, Surabaya, 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar